Sisi Lain Alam Semesta, Lima Bintang Ini Paling Ekstrem

Suara.com – Matahari yang menjadi pusat tata surya sebenarnya adalah sebuah bintang plasma panas yang bercampur dengan medan magnet. Dengan diameter kira-kira 109 kali dari Bumi, tak sedikit yang beranggapan bahwa Matahari adalah bintang terbesar di tata surya.

Namun, ternyata ada banyak bintang yang tersebar di alam semesta yang namanya jarang diketahui oleh manusia. Beberapa bintang tersebut memiliki “keunggulannya” tersendiri yang dianggap ekstrem, berikut ini lima bintang paling ekstrem di alam semesta:

1. Bintang terbesar

Gelar bintang terbesar diraih oleh UY Scuti. UY Scuti merupakan sebuah bintang super raksasa merah yang berdenyut, terletak sekitar 9.500 tahun cahaya dari Bumi di rasi bintang Scutum.

Jika dibandingkan dengan Matahari, UY Scuti memiliki radius yang diperkirakan 1.708 kali lipat lebih besar dari Matahari. Sementara itu, volumenya diperkirakan setara dengan 5 miliar kali dari volume Matahari. Dengan kata lain, jika UY Scuti menggantikan Matahari sebagai pusat peredaran tata surya, fotosfernya akan meluas melewati orbit Jupiter.