Labuan Bajo, Sumba, dan Malang Terpopuler di Mesin Pencari Google

Suara.com – Labuan Bajo dan Sumba di Nusa Tenggara Timur serta Malang di Jawa Timur merupakan tiga destinasi wisata yang paling banyak dicari oleh warganet di Tanah Air, demikian dikatakan Google Indonesia, Selasa (9/10/2018).

“Kota-kota sekunder sedang populer di laman pencarian,” kata Manajer Industri Google Indonesia, Zulfi Rahardian, saat jumpa pers di Jakarta.

Periode Januari 2017 hingga Juli 2018, Google Indonesia menemukan pencarian tentang wisata di kota-kota sekunder tumbuh 48 persen dibandingkan kota-kota utama yang hanya tumbuh 18 persen pada periode yang sama.

Wakil Direktur Pemasaran Traveloka, Kurnia Rosyada, pada acara yang sama, mengatakan letak Malang yang mudah dijangkau penduduk Jawa Timur menjadi salah satu alasan mengapa kota tersebut menarik untuk dijadikan destinasi berlibur.

“Di Batu, Malang banyak tempat wisata, cuaca juga lebih dingin,” kata Kurnia.

Sementara Labuan Bajo, di Nusa Tenggara Timur terkenal berkat keindahan alamnya, juga binatang purba Komodo. Warganet biasanya mencari “hotel labuan bajo”, “komodo”, “labuan bajo flores”, dan “labuan bajo wisata” di mesin pencari Google.

Pulau Sumba, yang juga terletak di NTT, juga menjadi buruan para pelancong. Mereka mencari informasi seputar “tiket ke sumba”, “Sumba Barat”, dan “Sumba Timur” di mesin pencari Google.