Dengan Fon Baru Ini Kamu Akan Lebih Mudah Menghafal

Suara.com – Para ilmuwan dan desainer telah menciptakan sebuah fon bernama Sans Forgetica, yang dirancang untuk membantu orang lebih mudah mengingat atau menghafal apa yang baru saja mereka baca.

Fon itu dirancang desainer typografis dan psikolog dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) University di Australia berdasarkan teori serta prinsip-prinsip desain yang berhubungan dengan daya ingat manusia.

Prinsip itu dikenal dengan nama desirable difficulty atau kesukaran yang disengaja. Dalam fon itu para ilmuwan sengaja memasukkan elemen-elemen yang menggangu, sehingga memaksa orang berusaha lebih keras untuk membaca dan menyimpan informasi.

Dengan kata lain, seseorang akan lebih susah dan butuh waktu lebih lama ketika membaca teks yang ditulis menggunakan fon Sans Forgetica. Tetapi setelah membaca informasi yang dibaca akan lebih mudah diingat.

Dalam menciptakan fon itu, para ilmuwan dari RMIT melibatkan 400 mahasiswa. Para mahasiswa itu diminta untuk membaca teks yang ditulis dalam beragam fon. Setelah itu mereka diuji untuk mengetahui teks dalam fon apa yang paling mereka ingat.

Kunci Sans Forgetica “terletak pada gangguan-gangguan yang dimasukkan sehingga bisa memperkuat daya ingat,” kata Janneke Blijlevens salah satu ilmuwan yang ikut merancang fon itu.

Blijlevens mengatakan fon baru itu bisa dimanfaatkan oleh para pelajar atau mahasiswa yang akan mengikuti ujian. Kabar baiknya adalah fon Sans Forgetica bisa Anda unduh secara gratis di sini.

Selamat mencoba!