Siapa yang Kamu Lihat dalam Lukisan Ini? Kuncinya Ada di Usiamu

Suara.com – Perhatikan lukisan di bawah ini, siapa yang kamu lihat pertama kali? Perempuan tua atau seorang gadis muda?

Lukisan ini, yang berjudul My Wife and My Mother-in-Law, memang salah satu ilusi optik paling terkenal di dunia. Ia mengandalkan ilusi optis sehingga orang bisa melihat wajah seorang perempuan muda yang sedang memalingkan wajah atau seorang nenek yang sedang menatap ke arah kiri.

Jika kamu belum juga bisa melihatnya, simak petunjuk ini: mulut si nenek adalah kalung yang dikenakan oleh perempuan muda.

Sudah berhasil melihatnya? Jika belum, berikut adalah petunjuk kedua: dagu perempuan muda adalah juga hidung sang nenek. Atau ini: dagu sang nenek juga adalah dada perempuan muda.

Nah, jika kamu penasaran mengapa kamu bisa melihat sosok nenek tetapi sukar menemukan si perempaun muda, maka jawabannya ada di usia kamu.

Sebuah studi terbaru di Australia, yang digelar oleh para ilmuwan psikologi, menemukan bahwa orang-orang muda akan cenderung melihat sosok perempuan muda saat pertama kali melihat lukisan itu. Sebaliknya orang tua akan lebih dulu melihat perempuan tua.

Dalam studi itu, seperti dilansir Business Insider, digelar dengan melakukan eksperimen yang melibatkan 393 responden, yang terdiri dari 242 lelaki dan 141 perempuan. Usia mereka dari 18 – 68 tahun, dengan garis median 32 tahun.

Mereka diminta melihat lukisan itu selama setengah detik, lalu ditanyai siapa sosok yang mereka lihat.

Hasilnya sebagian besar responden mengaku melihat perempuan muda. Ini bisa dipahami karena sebagian besar responden berusia relatif muda.

Para peneliti lalu mengumpulkan 10 persen responden yang berusia paling tua dan 10 persen responden paling muda. Setelah menjalani tes yang sama, diketahui bahwa orang-orang muda lebih dulu melihat perempuan muda dan sebaliknya para responden yang tua.

Dari hasil penelitian itu para ilmuwan menyimpulkan bahwa usia seseorang memengaruhi cara dia menafsirkan gambar di level bawah sadar.

Jadi, siapa yang kamu lihat pertama kali?